Susu kedelai ialah produk hasil ekstraksi kacang kedelai dengan menggunakan air dan gula, yang mempunyai penampakan dan nilai gizi mirip susu sapi. Susu kedelai mengandung serat kasar dan tidak mengandung kolesterol sehingga cukup baik bagi kesehatan. Susu jenis ini sering kali menjadi susu pengganti bagi mereka yang alergi terhadap protein hewani.

Didi Setyo Pambudi (54) merupakan pelaku usaha pembuatan susu kedelai alami tanpa pengawet. Yang diberi nama Sule Rizki (Susu Kedelai Rizki), nama Rizki sendiri merupakan nama anak terakhir dari Didi. Rumah Didi beralamat di desa Dukuhdungus, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Pada awalnya Didi merupakan petani yang sedang menanam cabai. Akibat hujan abu pada tahun 2014 menyebabkan beberapa tanaman cabai rubuh dan rusak, ekonomi keluarga Didi pun menjadi sulit. Pada tahun yang sama Didi mencoba usaha membuat susu dari kedelai lokal berbekal tekat yang bulat. Namun, tak mestinya percobaan pertama selalu berhasil, setelah satu minggu mencoba. Didi berhasil membuat susu kedelai alami tanpa menggunakan pengawet yang enak dan pas di lidah.

Istri Didi bertugas memasarkan produk olahan susu kedelainya kepasar Kutoarjo. Setelah subuh istri beliau berangkat untuk memasarkan. Namun, karena pesaing yang cukup ketat sulit untuk penjualan pertama. Karena kesulitan tersebut Didi merubah strateginya. Sebelum subuh sekitar jam 4 pada tahun 2014, Didi dan istrinya berangkat untuk menjual susu kedelai ke pasar kutoarjo.

Advertorial

Strategi tersebut ternyata berhasil beberapa orang mulai membeli susu kedelai buatan Didi. Setelah itu penjualan susu kedelai buatan Didi selalu terjual habis. Kini Didi dapat memasarkan produk minumanya ke beberapa pasar di Purworejo.

Dulu awal merintis Didi membeli kedelai dalam bentuk ecer di pasar. Kini dari distributor Didi dapat menghabiskan ½ ton kedelai lokal dalam kurun waktu 1 bulan. 1 kantong plastik berisi 5 bungkus susu kedelai di beri harga 4 ribu. Ketahanan susu kedelai alami tanpa pengawet milik Didi sampai dengan jam 1 siang. Jika masuk kulkas mungkin bisa tahan lebih lama.

Untuk kedepanya Didi berharap anak-anak Didi sendiri bisa meneruskan usaha yang selama ini Didi bangun bersama istrinya. Karena bagi Didi usaha susu kedelai ini sangat menjanjikan bagi masa depan (fapz).

Advertorial

Reporter : Farah Amalia Putri Zulda/33221001

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *