Home Industry Kue Galundeng Khas Desa Kuwurejo

Kutoarjo, Purworejo – Kue galundeng merupakan sebuah camilan  berbahan dasar tepung terigu, gula pasir, dan gula jawa yang dimana proses pematangannya di goreng bukan di oven atau di kukus seperti kebanyakan kue lainnya. Kue galundeng banyak dijumpai di desa Kuwurejo, karena banyak warga di desa Kuwurejo yang menggeluti usaha berjualan kue galundeng ini.

Salah satu warga yang menggeluti usaha ini adalah Sugeng Riyadi atau yang lebih akrab dipanggil Mbah Sugeng. Sebelum berjualan kue galundeng, awalnya Mbah Sugeng mencoba membuat donat, namun produk donat ini kurang diminati banyak orang. Kemudian Mbah Sugeng mempunayai ide usaha membuat kue galundeng. Akhirnya pada tahun 2018 Mbah Sugeng mencoba mengeksekusi usaha tersebut dan mulai mempromosikan produk ke lingkungan sekitar. Berkat ketekunan dan kegigihan dalam menjalankan usaha ini, kue galundeng Mbah Sugeng kini telah mampu terjual ke pasar-pasar.

Kue galundeng Mbah Sugeng ini mempunyai keunggulan tersendiri yakni isinya yang padat, lebih lembut, dan manisnya pas. Dalam sehari Mbah sugeng mampu memproduksi 40 kg adonan kue galundeng dan perminggunya mencapai sekitar 250-280kg adonan kue galundeng. Ukuran dari kue galundeng ini dibagi menjadi 3 varian, yakni varian kecil, sedang, dan besar. Untuk varian kecil dibandrol dengan harga Rp 400 per kue galundeng, untuk varian sedang dan besar dibandrol dengan harga Rp 800 dan Rp 1.000 per kue galundeng.

advertorial
Advertorial

Dalam menjalankan usaha ini Mbah Sugeng dibantu oleh mantunya Sis dibagian produksi, kemudian istrinya, Parmiatun dibagian pemasaran dan keuangan, lalu anaknya Maesaroh dibagian operasional. Untuk pemasarannya kini Mbah Sugeng menjual kue galundeng ini ke pasar Kutoarjo, Grabag, Kemiri, dan Pituruh. Tak hanya itu, kue galundeg Mbah sugeng juga terbuka menerima pesanan dan dapat diantarkan sampai ke tempat.

Advertorial
Advertorial

Mbah Sugeng mempunyai visi dan misi untuk usaha kue galundeng ini. Visi Mbah Sugeng yakni, menjadikan Kue galundeng sebagai oleh-oleh terkenal dan dikenal oleh masyarakat Purworejo dan luar Purworejo. Untuk misi dari Mbah Sugeng yakni, mencoba membuat produk baru yang unik dan beragam, memasarkan produknya ke berbagai daerah, dan membuat beragam inovasi baru.(rak)

Reporter : Rico Adi Kurniawan/33221006

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *