PASTEL YOKA SNACK ENAK BANGET LOH, YUK COBAIN

Pastel adalah snack semacam pastri yang dibuat dengan meletakkan isian di atas adonan, lalu dilipat dan ditutup rapat. Pastel memiliki rasa manis atau gurih tergantung dari isian. Pastel sering dibuat untuk acara formal maupun informal. Pastel sangat cocok untuk dimakan sebagai pengganjal perut, saat kumpul keluarga, menyajikan untuk tamu, cemilan, dan lain-lain. Pastel juga banyak dijual di daerah pasar, pinggir jalan, warung, bahkan di kantin sekolah.

Pastel  sering dijual sesudah digoreng dan dikemas dengan plastik kecil bening diberi cabai didalamnya. Pastel yang enak dan gurih cocok untuk teman nyemil ini berada di daerah Purworejo tepatnya di desa Seren Kecamatan Gebang. Usaha ini diberi nama Yoka Snack yang dikelola oleh Dwi Purwanti. Usaha ini didirikan pada tahun 2016. Awal mula usaha ini didirikan karena Dwi iseng untuk mencoba usaha ini dan ingin menambah pemasukan, akhirnya dagangan Dwi terjual habis.

Advertorial

Pemasaran snack pastel ini di daerah dekat rumah, teman-temannya, menerima pesanan, dititipkan diwarung terdekat, dipasar, dan di kantin sekolah. Sebenarnya snack ini bisa di kirim keluar kota, sebelum pastel yang belum di goreng akan di vacum dan siap untuk dikirim ke luar kota. Tetapi Dwi belum berani untuk mencobanya dan tidak memiliki mesinnya.  Dwi juga mengikuti Paguyuban UMKM Gebang serta mengikuti event-event yang ada di Purworejo.

Advertorial

Kendala dalam usaha ini adalah modal, tenaga, dan pemasaran. Cara mengatasi kendala tersebut adalah sering-sering melakukan komunikasi dengan teman-teman, tukar ide agar bisa jadi

masukan bagaimana cara mengatasi hal ini. Untuk harga pastelnya Rp 1.500 per pcs. Dalam sehari Dwi memproduksi tergantung dengan pesanan dan yang akan di titipkan ke warung-warung, pasar dan kantin sekolah. Untuk omset 1 bulan Dwi menghasilkan sekitar 3 juta sampai 4 juta.(nil)

Reporter : Nisfi Idza Laela/33221013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *