Es Coklat Minuman Segar Penghilang Dahaga saat Berbuka Puasa

 

Bayan, Purworejo-Bulan puasa merupakan waktu yang sangat dinanti oleh umat Muslim di seluruh dunia. Selain sebagai bulan suci yang penuh berkah, bulan Ramadhan juga menjadi momen penting bagi para pelaku usaha untuk menghadirkan produk-produk kreatif yang dapat menarik minat konsumen, termasuk di dalamnya adalah usaha es coklat. Es coklat merupakan salah satu minuman yang sangat diminati terutama saat cuaca panas seperti di bulan puasa ini.

 

Utami Hikmah (30) warga desa Krandegan menjadi salah satu penjual es coklat. Ia memilih usaha ini karena di Krandegan ada pasar yang selalu ramai baik itu di pagi hari maupun sore hari. Terkhusus di momen bulan puasa seperti ini, biasanya sore hari pasar Krandegan selalu ramai semacam pasar Ramadhan ditambah lagi puasa kali ini cuacanya cukup panas menjadikan peluang bisnis berjualan es coklat. Ia memulai usaha ini sejak tahun lalu. Selain di bulan Ramadhan ini, ia juga berjualan di event-event tertentu.

 

Untuk bahan baku produk, Utami lebih memilih berbelanja di toko online. “Saya lebih memilih untuk berbelanja bahan produk di toko online karena di toko offline di daerah Purworejo ini  harganya lebih mahal” ucapnya. Strategi pemasaran yang dilakukan selain berjualan langsung di pasar, ia juga mempromosikan produknya lewat  media sosial seperti Facebook, TikTok, dan WhatsApp.

Advertorial

Saat puasa seperti ini, biasanya Utami mulai berjualan dari pukul 16.00 sampai 17.30. Harga es coklat per porsi berbeda-beda. Untuk cup kecil Rp6.000,00 dan cup besar Rp8.000,00. Dalam sehari rata-rata ia dapat menjual sebanyak 40 cup. Omset penjualan selama 1 bulan tidak menentu karena ia tidak setiap hari berjualan.

Utami berharap dapat buka setiap hari dan dapat menyewa ruko untuk usaha yang sedang dijalankan ini. Selain berjualan secara langsung, ia juga berharap dapat terus berjualan di media sosial. “Untuk kedepannya, kita juga ingin mengembangkan usaha ini dengan menambah varian baru untuk es coklatnya” imbuhnya. (ardt)

advertorial

 

Reporter : Aurum Ria Devi Triana/33221009

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *