Gulai Nangka Ceker: Hidangan Lezat untuk Buka Puasa

Buka puasa adalah momen yang ditunggu-tunggu bagi umat Muslim di seluruh dunia. Di Indonesia, hidangan-hidangan lezat seperti gulai nangka ceker menjadi pilihan favorit untuk mengakhiri puasa sehari penuh. Gulai nangka ceker adalah hidangan khas Indonesia yang kaya akan rasa dan aroma rempah. Berikut adalah bahan-bahan dan cara membuat gulai nangka ceker yang lezat dan menggugah selera:

Bahan-bahan:
1. 500 gram ceker ayam, bersihkan dan potong menjadi bagian kecil
2. 500 gram nangka muda, potong kecil-kecil
3. 200 ml santan kental, dari kelapa segar atau santan instan
4. 2 lembar daun salam
5. 2 batang serai, memarkan
6. 3 cm lengkuas, memarkan
7. 2 cm jahe, memarkan
8. 4 lembar daun jeruk
9. 3 buah cabai merah besar, iris tipis (sesuai selera pedas)
10. 4 buah cabai hijau besar, iris tipis (sesuai selera pedas)
11. 3 siung bawang putih, haluskan
12. 5 siung bawang merah, haluskan
13. 1 sendok makan gula merah, sisir halus
14. Garam secukupnya
15. Minyak goreng secukupnya

Advertorial

Cara membuat:
. Tumis Bumbu: Panaskan sedikit minyak dalam wajan, tumis bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, dan serai hingga harum.
. Tambahkan Ceker Ayam: Masukkan potongan ceker ayam ke dalam wajan, aduk hingga berubah warna.
. Masukkan Cabai dan Rempah-Rempah: Setelah ceker ayam berubah warna, tambahkan irisan cabai merah dan hijau, daun salam, dan daun jeruk. Aduk rata.
. Tambahkan Nangka Muda: Selanjutnya, tambahkan potongan nangka muda ke dalam wajan. Aduk hingga semua bahan tercampur sempurna.
. Tuangkan Santan: Setelah bahan-bahan tercampur, tuangkan santan ke dalam wajan. Biarkan mendidih sambil sesekali diaduk agar santan tidak pecah.
.Bumbui dan Masak Hingga Matang: Tambahkan gula merah, garam secukupnya, dan aduk hingga rata. Biarkan gulai mendidih dengan api kecil hingga bumbu meresap dan ceker ayam serta nangka menjadi empuk.
. Sajikan: Angkat gulai nangka ceker dari wajan dan sajikan dalam mangkuk. Hidangkan selagi hangat bersama dengan nasi putih hangat.
Gulai nangka ceker adalah hidangan yang kaya akan nutrisi dan cita rasa. Dengan kombinasi bumbu yang khas dan tekstur yang lembut dari ceker ayam serta kenikmatan nangka muda yang manis, hidangan ini menjadi pilihan yang sempurna untuk menyambut berbuka puasa bersama keluarga tercinta. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan lezat ini!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *